Aska Lakukan Pendekatan Berbeda saat Ciptakan Rasakan Dunia

Kamis, 30 Januari 2020 - 23:57 WIB
Aska Lakukan Pendekatan Berbeda saat Ciptakan Rasakan Dunia
Aska Lakukan Pendekatan Berbeda saat Ciptakan Rasakan Dunia
A A A
JAKARTA - Berkolaborasi dengan pentolan Rocket Rockers, Aska Pratama, musisi pendatang baru Ifan Ohsi merilis single berjudul Rasakan Dunia. Single yang terinspirasi dari kisah keseharian seorang teman yang tuna wicara dan tuna rungu itu pun diciptakan Aska.

Terciptanya Rasakan Dunia berawal dari Ifan yang seringkali bercerita kepada Aska tentang pengalamannya berinteraksi dengan seorang temannya yang bisu tuli. Hal itu semakin menarik minat Aska ketika seseorang dengan keterbatasan itu masih bisa mendengarkan musik. Dia sangat ingin single yang diciptakannya itu bisa dinikmati juga oleh mereka.

"Ifan kalau cerita tentang teman tuli selalu antusias, saya baru tahu teman-teman tuli bisa mendengarkan musik dan ada yang jadi musisi juga. Mereka ternyata tidak seperti yang kita bayangkan, kita pikir itu sunyi tapi mereka senang-senang saja menjalani kehidupannya," ungkap Aska saat di kawasan Kemang, Jakarta, belum lama ini.

Agar Rasakan Dunia bisa lebih dinikmati teman-teman dengan kerterbatasan pendengaran, Aska melakukan pendekatan yang berbeda dalam mengaransemen lagu. Dia menyuntikkan dinamika nada musik yang naik dan turun ke dalamnya. "Kalau teman-teman dengar, di awal lagu itu sebenarnya kayak ada low-low yang agak besar. Itu sebagai penanda aja kalau lagu ini sudah mulai," kata Aska.

Pada bagian lain, Aska juga meletakkan penanda serupa ketika lagu memasuki bagian reffrain. Saat Ifan dan Aska menyanyikan Rasakan Dunia, terdapat seseorang dengan tuna rungu memegang gjtar yang dimainkan. Ini dilakukan agar dia bisa merasakan getaran irama gitar. Bahkan ada juga yang menerjemahkan lirik Rasakan Dunia ke bahasa isyarat supaya mereka juga bisa memahami lagu tersebut.

Pada saat yang sama, Ifan, yang pernah membentuk band ALmost DVa, mengatakan bahwa dirinya baru kali ini bekerjasama dengan Aska. Dirinya menyerahkan sepenuhnya pembuatan lagunya kepada Aska. Hanya saja dia berpesan agar yang disampaikan mengandung sesuatu yang positif.

"Konsep, lagu dan karakter vokal semua di-direct oleh Aska. Saya pengin karya pertama karier solo ini output-nya harus punya dampak positif, dan saya yakin lewat karya dengan energi seperti itu akan jadi manfaat buat banyak orang," ungkap Ifan, yang tergabung dengan band KIAN.

Sejalan dengan lagunya, video musik Rasakan Dunia turut melibatkan teman-teman tuli dengan latar belakang yang berbeda, mulai dari penari, desainer visual, barista, desainer fesyen dan lainnya.

Sementara itu, vokalis band Gigi, Armand Maulana sangat mendukung lahirnya single ini. Menurutnya, perjalanan Ifan sangat dekat dan akrab bila berhubungan dengan teman tuli. Karya seperti itu masih sangat jarang, dan mungkin masih belum ada. Dari sini, tidak menutup kemungkinan Ifan menjadi inovator atau penggerak besar teman musisi lain yang bisa membantu, sehingga bisa menciptakan pasar baru dalam industri musik Tanah Air dengan melibatkan teman bisu dan tuli.

Dengan dipasarkan secara digital, hasil dari penjualan digital dari Rasakan Dunia ini akan didonasikan untuk membantu proses pengajaran bahasa isyarat bagi teman-teman tuli melalui kitabisa.com.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4848 seconds (0.1#10.140)